Sejarah Lokasi

SEJARAH LOKASI
Oleh : arya'98


Awal mulanya Lomba Gerak dan variasi (LOKASI) yang diadakan di SMAN 1 Cikarang adalah kelanjutan dari mengikuti Lomba Gerak Keterampilan Peraturan baris berbaris (LOGIKA PBB) 2000 yang diadakan oleh FKP 5 dan Kospad 25 Bekasi tingkat SD, SLTP dan SLTA se DKI Jakarta dan Jawa Barat yang dilaksanakan pada tanggal 26 Maret 2000. Pada saat itu Paskibra SMAN 1 Cikarang turut serta dalam perlombaan dan meraih juara III tingkat Madya. Dengan berlatar belakang tersebut akhirnya tim Paskibra SMAN 1 Cikarang mengadakan lomba untuk pertama kalinya setelah sekian lama terdiam.

Lokasi merupakan program terobosan yang diprakarsai oleh anggota Paskibra Angkatan V dan dilaksanakan sepenuhnya oleh tiga Angkatan, yaitu Angkatan VI dan Angkatan VII.

Seusai mengikuti mengikuti perlombaan itu Paskibra SMAN 1 Cikarang dapat mengadakan kegiatan yang sama. Lomba yang dipimpin oleh Kang Ade sebagai Danton dan 15 anggotanya dari Angkatan V dan VI telah mampu menyatukan pandangan yang sama dan tekad yang bulat.

Satu tahun kemudian harapan itu belum juga terwujud walaupunkepengurusan Paskibra sudah berpindah tangan, dari kepengurusan Kang Ade periode 1999-2000 kepada kepengurusan kang Gufron periode 2000-2001. angkatan V sudah tidak sabar menunggu adanya kegiatan yang dicita-citakannya dahulu ketika setelah mengikuti lomba di SLTPN 5 Bekasi. Entah apakah kepengurusan Kang gufron belum berfikir kesana atau dia sudah mempunyai program yang lebih baik.

Beberapa bulan setelah Kang Gufron naik tahta menjadi ketua Paskibra, sesepuh Angkatan V tetap tidak tinggal diam, mereka selalu mengadakan kontak. Ditengah-tengah menghadapi ujian akhir bagi Angkatan V muncullah sebuah gagasan mengenai lomba. Sebuah ide yang sangat cemerlang can cocok karena hal itu merupakan impian bagi Angkatan V.

Tak lain dan tak bukan yang memberikan inspirasi untuk mengadakan lomba adalah Kang Yusuf Somantari yang selama ini bersikap pasif dalam Paskibra mampu menggagas sebuah ide terobosan. Ketika Kang Yusuf mempunyai de tersebut ia kemudian langsung memberitahukan idenya kepada Kang Ade yangs sedang berdiri disamping tiang kelas sambil bersandar menatap tiang bendera dipagi yang sejuk dan indah tepatnya didepan kelas 3 IPA 4. Menurutnya Kang Ade adalah sebagai mantan ketua, maka ide itu diampaikannya terlebih dahulu kepadanya.

Setelah agak lama berbincang-bincang terlebih akhirnya Kang Ade menyetujui idenya itu. Kang Yusuf selanjutnya menemui para rekan PPI'(( untuk dimintai pendapat yang sama. Mereka itu adalah Kang Yusuf Junaedi, Kang Supriyatna, Kang Masagus Abdulrahman. Pun-mereka setuju dengan akan diadakannya lomba. Kemudian berita itu segera disampaikan kepada rekan-rekan pengurus lama periode 1999 - 2000 yang selanjutnya dapat dengan Angkatan V. Pada akhirnya Angakatan V setuju dengan diadakannya lomba tersebut dengan menanggung segala resiko, walau sedang mempersiapkan diri untuk menghadapi ujian akhir.

Pergerakan terus dilakukan tidak hanya berhenti sampai disitu. Untuk itu sebagai organisasi yang sudah mempunyai kepengurusan maka ide itu harus dilaksanakan melalui pengurus. Sebagai jalan tengah pihak Angakatn V memilih kang Saeful Rohman sebagai perantara Angakatn V dengan kepengurusan Kang Gufron untuk diminta pendapatnya. Ia-pun setuju.

Dimulailah rapat pengurus yang dilanjutkan dengan rapat 3 Angkatan untuk menyatakan kesepakatan. Saat itu Kang Gufron sebagai ketua nampaknya kurang antusias terhadap adanya lomba ini namun akhirnya musyawarah harus memutuskan kata setuju. Kemudian final dari rapat tersebut dihadiri oleh Pembina Paskibra (Drs, Agus KOmar) dan Wakasesk Kesiswaan (Drs. Sunarno). Ditengah-tengah rapat terdapat keganjilan yaitu, dalam moment apa acara ini dilaksanakan? Hal itu menjadi tanda tanya bagi peserta rapt. Tidak kehabisan ide, selalu saja ada alasan. Angkatan V brifing untuk memecahkan pertanyaan tersebut. Dalam kepikukan itu Kang Jun punya ide cemerlang, yaitu acara lomba ini dilaksanakan dalam rangka memperingati HUT Paskibra SMAN 1 Cikarang. Memang alasan yang masuk akal, dari pada tidak jadi mengadakan lomba. Akhirnya hasil keputusan rapat itu menyetujui acara lomba.

Ada satu masalah lagi mengenai nama lomba yang akan dialaksanakan tersebut. Disela-sela belajarnya Kang Ade mencoret-coret kertas bersama teman sebangkunya untuk membuat sebuah nama yang cocok untuk lomba iyu. Beberapa judul telah dibuatnya, kemudian dari beberapa judul itu yang paling cocok adalah nama 'LOKASI'. Nama itu merupakan imajinasi dari refleksi lomba di Koswa 5 Bekasi. Kegiatan terus berjalan dengan melakukan persiapan-persiapan administrasi lomba. Dari hasil keputusan rapat besar itu maka LOKASI (Lomba Gerak dan Variasi) diadakan pada tanggal 1 April 2001 untuk yang pertama kalinya diadakan oleh PASKIBRA SMAN 1 CIKARANG.

Pengisi Acara

SANGAJI BAND
CAKRA BAND
Pengisi acara dalam kegiatan LOKASI 2012 ini antara lain : I-Prince, Prajurit Band, Cakra Band, Sangaji Band dan dimeriahkan oleh GuestStar, Modern Dancer, Startra Dancer, Esacapala, dll

Berikut ini daftar nama peserta yang sudah mendaftar secara online :
1. SMPN 51 Bandung Propinsi - Jawa Barat Atas Nama : Trisna Suryana Update : 09/03/2012, 22:07
2.SMP Plus Al - Aqsha Atas Nama : Ade Roni 12/03/2012 14:15:58
3.SMK Negeri 1 Jayakerta Karawang - JABAR Atas Nama : Kiki Ahmad Baehaki Update : 10/03/2012 17:24:40
4. MTs. Nurul Ikhlas Kota Bekasi- JABAR Atas Nama : Kang Mardani Update : 17/03/2012 12:51;28
5. SMK Yuppentek 7 Tangerang - Prov. Banten Atas Nama : Agung Rintonawi Update : 16/03/2012 12:48:22
6. SMK Kartika X-2 Jakarta Selatan - Prov. DKI Jakarta Atas Nama : Indra Istianto Update : 16/03/2012 20:24:37
7. SMP Krida Utama Padalarang - Bandung - Prov. Jawa Barat
Atas nama : Sugi
Update : 28/03/2012 00:48:52
8. SMKN 1 Gunung Putri - Bogor- Prov. Jawa Barat
Atas nama : Nadya Safira. N
Update : 29/03/2012 19:06:09
Informasi daftar peserta akan diupdate 2 hari sekali info selengkapnya click disini